Kata Pengantar


Assalamualaikum Wr. Wb

Puji syukur kita panjatkan atas kehadirat Allah SWT, karena berkat rahmat dan karunia-Nya kami masih diberi kesempatan untuk menyelesaikan Tugas ini. Sholawat serta salam tak lupa tercurahkan kepada junjungan kita Nabi besar Muhammad SAW beserta keluarga, sahabat, kerabat dan pengikut beliau hingga akhir zaman.

Tugas ini dibuat untuk memberikan kemudahan kepada teman-teman khususnya yang ingin menambah wawasan dan ingin mengetahui lebih dalam tentang Agama Hindu.

Kami juga mengucapkan terimakasih kepada dosen pembimbing dan teman–teman seperjuangan kamiyang telah memberikan dukungan dalam menyelesaikanTugas ini.

Dan kami harap Tugas ini dapatbermanfaat dan menambah wawasan bagi pembaca. Kamijuga menyadari dalam pembuatan Tugas ini masih terdapat banyakkekurangan, oleh karena itu kami mohon kritik dan saran dari teman-teman agar dapatmembangun bagi penyempurnaan Tugasini.

Wassalamualaikum Wr. Wb

Sabtu, 27 Mei 2017

MAHAGURU SWAMI VIVEKANANDA DALAM AGAMA HINDU

TUGAS MAKALAH AGAMA HINDU :
“KARYA DAN PEMIKIRANNYA MAHAGURU SWAMI VIVEKANANDA DALAM AGAMA HINDU”



DOSEN : SITI NADROH, M.Ag
DISUSUN OLEH : FAQIH MAULANA IKHSA (1112032100036)

FAKULTAS USHULUDDIN
JURUSAN PERBANDINGAN AGAMA
UNIVERSITAS ISLAM NEGRI SYARIF HIDYATULLAH JAKARTA
2017















SWAMI VIVEKANANDA
            Vivekananda merupakan sosok yang amat dikenal dunia sebagai seorang pemimpin spiritual yang memiliki pengaruh besar dari ajaran Vedanta dan Yoga. Ia adalah Swami Hindu pertama yang datang ke Barat, untuk mengenalkan Hindu, Yoga dan Vedanta pada World's Parliament of Religions, sehubungan dengan diadakannya World's Fair di Chicago pada tahun 1893. Pada kesempatan tersebut namanya mulai melambung dan dikenal luas, diseluruh Chicago, menyusul kemudian di seluruh Amerika. Vivekananda telah melakukan ceramah, baik di muka umum atau khusus, untuk menyebarkan Vedanta dan Yoga di Amerika, Inggris dan Eropa. Dia juga mendirikan perkumpulan Vedanta di Amerika dan Inggris.
Swami Vivekananda terlahir dengan nama Narendra Nath Datta, pada tanggal 12 Januari 1863 di Calcutta selama festival Sankranti Makara. Vivekananda berasal dari keluarga Kayastha tradisional. Ayahnya, Vishwanath Datta (putra tunggal Durga Charan) adalah seorang pengacara dari Pengadilan Tinggi Calcutta. Vishwanath Datta dikenal sebagai sosok yang murah hati, dan memiliki pandangan liberal dan progresif dalam masalah sosial dan keagamaan. Ibunya, Bhuvaneswari Devi adalah seorang wanita yang sangat religius. Sebelum kelahiran Narendra Nath, Devi sangat menginginkan anak laki-laki dan meminta salah seorang kerabatnya di Varanasi untuk membuat persembahan religius kepada dewa Shiwa. Menurut laporan tradisional, Bhuvaneswari Devi bermimpi di mana Shiwa mengatakan bahwa anak yang sedang berada dalam kandungannya akan lahir sebagai anak laki-lakinya.[1]
Sejak usia dini, ia menunjukkan tanda-tanda kasih sayang yang besar dan juga kualitas dari seorang pemimpin alami. Vivekananda memiliki kecerdasan yang tajam dan melahap literatur dari Timur dan Barat - ini termasuk filsafat Barat dan penyair besar Inggris. Vivekananda sangat menyukai penalaran rasional Barat dan mudah kecewa oleh banyak takhayul agama dan penurunan budaya yang masyarakat India menemukan dirinya dalam. Dari latar belakang ini Vivekananda tertarik untuk bergabung dengan Brahmo Samaj. Brahmo Samaj adalah gerakan Hindu yang modern yang berusaha untuk merevitalisasi kehidupan India dan spiritualitas melalui pendekatan rasionalistik dan ditinggalkan ibadah gambar.

Brahmo Samaj ialah sebuah persatuan yang ditubuhkan pada tahun 1828. Matlamat penubuhannya adalah untuk membawa pembaharuan dan revolusi dalam agama dan masyarakat Hindu di Kolkata. Salah satu sumbangan Brahmo Samaj adalah pengharaman upacara Sati yang kejam. Selain itu, Brahmo Samaj juga berjuang untuk menghapuskan sistem kasta dan menentang perkahwinan kanak-kanak.

Tertarik dengan idea-idea progresif Brahmo Samaj, ramai pemuda yang berpendidikan menyertainya. Pengikut-pengikut Brahmo Samaj mempercayai kepada Tuhan Yang Tak Berupa atau Brahman. Mereka mengutuk penyembahan berhala dan amalan kuno lain. Sesiapa yang menyertai pertubuhan itu dikehendaki untuk mengambil ikrar bahawa mereka tidak akan menyembah berhala, mengamalkan pemakanan vegetarian, dan tidak akan bercakap bohong. Narendra dan kawan-kawannya turut menyertai dan menandatangani ikrar Brahmo Samaj.

Pendidikan falsafah barat dan pengaruh Brahmo Samaj, mencetuskan persoalan utama yang membara dalam diri Narendra selama beberapa tahun. “Adakah Tuhan wujud? Bolehkah manusia melihat Tuhan? Jika Tuhan boleh dilihat dengan mata kasar, adakah sesiapa yang pernah melihat-Nya?” Selama beberapa bulan, Narendra menemui ramai orang alim dan pendeta yang terkenal di Kolkata dan menujukan persoalan ini. Malangnya, tiada sesiapa pun yang dapat memberikan jawapan yang dapat memuaskannya.

Namun rasionalitas Brahmo Samaj tidak bisa memuaskan rasa lapar spiritual laten Vivekananda. Sejak usia dini ia mulai memiliki pengalaman spiritual dan, pada usia 18, ia merasakan keinginan yang besar untuk 'Lihat Tuhan'. Dengan keterusterangan yang khas Vivekananda ia bertanya orang di sekitar apakah mereka telah melihat Allah. Semua ditegaskan dalam negatif. Ini termasuk besar Devendranath Tagore (ayah dari Rabindranath Tagore ) Namun Devendranath mengatakan Vivekananda bahwa ia melihat dalam dirinya mata seorang yogi dan pasti dia akan menyadari Tuhan dalam hidup ini. Meskipun tidak ada yang bisa memuaskan pertanyaannya, ia datang untuk mendengar dari nama Ramakrishna Paramhansa yang terkenal sebagai kepribadian spiritual yang besar dan seseorang yang telah menyadari Tuhan.

SRI RAMAKRISHNA – NARENDRA (VIVEKANANDA)
           
            Bulan November 1881. Narendra berumur lapan belas tahun. Surendra, seorang jiran dan sahabat Narendra telah mengatur satu majlis di rumahnya. Narendra dijemput untuk menyanyikan beberapa buah lagu suci dalam majlis itu. Tetamu khas pada hari itu adalah seorang alim bernama Sri Ramakrishna. Selepas mendengar nyanyian Narendra yang menyentuh jiwa, Sri Ramakrishna telah menyoal Surendra mengenainya. Beliau juga telah meminta Surendra untuk membawa Narendra ke Dakshineshwar.
            Sri Ramakrishna tinggal di taman kuil Bhavatarini di Dakshineshwar, berdekatan Kolkata. Beliau berasal dari Kamarpukur, sebuah kampung kecil di Bengal Barat, lebih kurang 107 km dari Kolkata. Walaupun tidak berpendidikan dan beliau bercakap dalam bahasa pasar, kehidupan beliau yang suci dan alim menarik ramai pendeta, cendikiawan dan pemuda-pemuda berpendidikan Barat kepada beliau. Malah boleh dikatakan bahawa tidak ada sebarang perkara lain di dalam hati dan pemikiran Sri Ramakrishna kecuali Tuhan Yang Maha Esa. Sebulan kemudian, Surendra menjemput Narendra untuk menemaninya ke kuil Dakshineswar. Narendra bersetuju. Dengan menaiki kereta pedati, Narendra bersama Surendra dan beberapa orang kawan lain tiba di kuil itu.  
            Kuil taman Bhavatarini di Dakshineswar terletak di sisir sungai Ganges. Kuil ini telah dibina pada tahun 1855. Pada hari ini ia adalah satu tempat ibadat yang paling popular di Kolkata. Kuil ini mempunyai dua belas kuil kecil untuk Dewa Shiva, enam di kiri dan enam di kanan tangga yang menuju ke sungai. Kuil-kuil Shiva ini dibina mengikut gaya pondok berdom di kampung-kampung Bengal. Di depan kuil-kuil Shiva adalah sebuah halaman yang luas. Sebuah dewan muzik terletak di bahagian selatan kuil dan di bahagian utara terdapat kuil Radhakanta. Kuil Bhavatarini terletak di antara kuil Radhakanta dan dewan muzik. Kawasan sekitarnya dikelilingi kebun dan taman bunga, dan sebuah hutan kecil. Sri Ramakrishna tinggal di sebuah kamar di bahagian barat-laut halaman kuil, menghadap sungai Ganges. 
Pertemuan Narendra dengan Ramakrishna, menjadi titik balik dalam hidupnya. Pada awalnya Narendra tidak bisa menerima pandangan dan apa yang diajarkan Ramakrishna, namun ia juga tidak bisa mengabaikan hal tersebut. Secara alami Narendra selalu menguji sesuatu secara menyeluruh sebelum ia mau menerimanya. Meskipun pada awalnya Narendra belum menerima Ramakrishna sebagai gurunya dan memberontak terhadap ide-idenya, dia selalu tertarik oleh kepribadian Ramakrishna dan sering mengunjunginya.
Pendidikan moden Inggeris telah memberinya pemikiran yang kritikal dan dia tidak menerima sesuatu tanpa bukti. Narendra menerima Sri Ramakrishna sebagai gurunya hanya selepas menguji beliau sepenuhnya. Sri Ramakrishna sendiri sering menguji Narendra untuk memastikan bahawa dia ialah instrumen yang sesuai untuk menjalankan tugas yang beliau akan serahkan kepadanya. Cara pengajaran Sri Ramakrishna adalah amat unik. Beliau mengajar mengikut selera, kecenderungan, dan kemampuan pengikut-pengikutnya. Beliau juga mengajar ilmu rohani dengan menggunakan pelbagai cerita, kiasan, lagu-lagu suci dan ilustrasi-ilustrasi ringkas dan mudah difahami.

Asas ajaran Sri Ramakrishna ialah: “Matlamat hidup manusia adalah untuk menyedari dan mengenali Tuhan.” Beliau mengajar pengikut-pengikutnya untuk berdoa begini:

“Wahai Tuhan, berikan rahmat-Mu dan dedahkan sifat sebenar-Mu, yakni penjelmaan Kebenaran!” [2]

Selama lima tahun di bawah pelatihan Ramakrishna, Narendra berubah dari pemuda yang penuh kegelisahan, kebingungan dan tidak sabar menjadi seorang pria dewasa yang sudah siap untuk meninggalkan semuanya demi Allah. Bersamaan dengan hal itu, Narendra menerima Ramakrishna sebagai gurunya. Narendra menerima Ramakrishna sepenuh hati dan dengan lengkap menyerah sebagai murid. Pada bulan Januari 1887, Narendra dan delapan murid lainnya mengambil sumpah resmi monastik. Narendra mengambil nama Swami Bibidishananda. Kemudian ia dianugrahi nama Vivekananda oleh Ajit Singh, Maharaja (raja) dari Khetri.
Setelah lulus dari Ramakrishna, murid-murid lainnya melihat Vivekananda ada jiwa kepemimpinan dan dia membantu membentuk ordo monastik pertama Ramakrishna. Di bawah bimbingan konstan ia mendesak murid-saudaranya sesama untuk meninggalkan dunia dan mencari persekutuan dengan Allah. Namun, untuk Vivekananda, pembebasan pribadi tidak cukup. Hatinya terasa sakit untuk massa tertindas dari India yang menderita kemiskinan dan banyak kesulitan. Vivekananda merasa bahwa yang ideal tertinggi adalah untuk melayani Tuhan melalui melayani umat manusia. Jadi Vivekananda nantinya menambah pekerjaan sosial sebagai elemen penting dari tatanan Ramakrishna.

“Apakah Anda pikir sannyasi ini anak-anak Sri Ramakrishna dilahirkan untuk hanya duduk di bawah pohon menyalakan Dhuni-api? Setiap kali salah satu dari mereka akan mengambil beberapa pekerjaan, orang akan heran melihat energi mereka. Belajar dari mereka bagaimana bekerja.  
- Swami Vivekananda
[3]

Jadi setelah menghabiskan beberapa tahun dalam meditasi Vivekananda mulai bepergian di seluruh India, mengunjungi banyak tempat-tempat suci. Setelah perjalanan melalui India dan datang ke dalam kontak dengan banyak tokoh-tokoh berpengaruh, ia menyarankan bahwa Vivekananda akan membuat calon yang ideal untuk mewakili agama Hindu di Parlemen Dunia Agama-agama yang lama akan diselenggarakan di Chicago, USA. Sebelum meninggalkan Vivekananda pergi untuk menerima berkat-berkat Sarada Devi , istri Sri Ramakrishna. Setelah menerima dorongan dan berkat padanya bahwa dia melakukan perjalanan penting ke Amerika, berpakaian jubah oker dan mempertahankan sumpah sanyasinya.  




           
PEMIKIRANNYA DALAM AGAMA HINDU

            Pandangan ( Darsana) dari Swami Vivekananda  adalah seseorang yang sangat berpengaruh dalam perkembangan agama hindu karena dengan pandangan-pandangan Beliau mengenai hakekat Brahman, pandangan tentang semua ciptaan dan bagaimana kita mencapai kesempurnaan atau pelepasan dari belenggu maya, sangatlah penting untuk kita mempelajari hasil pikiran Beliau. Dalam ajaran Darsana ini terdapat banyak pandangan yang berbeda-beda  seperti Nyaya adalah ajaran filsafat yang sangat menjunjung tinggi otoritas Veda, Vaisesika adalah ajaran filsafat yang bersifat realisme pluralistik yang berarti bahwa keanekaragaman merupakan jiwa alam semesta dan hakekat alam semesta ini, Purwa mimamsa yang mendasarkan semua ajaranya berdasarkan semua ajaran-ajaran yang terdapat dalam Veda, dan masih banyak Darsana yang lain,begitu juga dengan pandangan Svami Vivekananda ini, Beliau mendasarkan pandangannya kepada Vedanta (veda = pengetahuan suci, anta = akhir,simpulan) . Dan inti sari Vedanta adalah penegasan dari kemuliaan dari manusia. Oleh sebab itu kita sangat perlu untuk mempelajari ajaran yang dikemukakan oleh Swami Vivekananda ini. Di dalam pembahasan beliau, beliau menekankan tentang ajaran ketuhanan, tentang hakekat atman(jiwa), pembahasan mengenai maya, dan pelepasan (moksa). Dalam memperoleh pandangannya ini, diperoleh melalui pendidikan yang Beliau alami dan renungan yang mendalam tentang arti kehidupan ini dan beeliau berusaha untuk menciptaka ajaran yang mudah untuk dicerna untuk khalayak umum. Hampir semua ajaran beliau dapat diterima oleh masyarakat , terbukti dengan semua perjalanan Beliau ke negara barat,dan semua penghargaan yang Beliau peroleh.

 

Hakekat Agama Universal Menurut veda suatu agama dikatakan baik apabila agama dalam agama tersebut menyangkut segala aspek kehidupan, mulai dari ajaran tentang pikiran , dan ajaran yang mengatur tingkah laku manusia sesuai dharma. Untuk membuktikan apakah ajaran wedanta tersebut layak digunakan atau tidak maka semua ajaran tersebut dikuasai oleh raja-raja yang langsung diamalkan melalui pemerintahan suatu negara, karena jika wedanta tersebut diberikan kepada pendeta & pertapa maka ajaran tersebut akan terhenti,karena kita tahu mereka yang sudah menempuh jalan sanyasin atau sudah mulai menjauhi dari segala ikatan keduniawian, maka mereka akan mengasingkan diri bahkan bertapa berhari-hari, bertahun-tahun kepuncak gunung, atauhutan , untuk menemukan hakekat kehidupan.  Maka secara tidak langsung semua ajaran yang mereka pelajari akan dibawanya kemanapun dia pergi, dan hanya mereka yang tahu akan ajaran tersebut. Tetapi dalam perkembangannya manusia berfikir tentang bagaimana mempraktekan Vedanta dengan praktis,dan kemudian merambah kehal yang bersifat filsafat.

Kebenaran menurut mareka bukanlah suatu teori–teori yang rumit, tetapi mereka berpandapat bahwa semua ajaran tersebut dapat dipelajari melalui semua aspek yang ada di alam , dengan jalan penyelidikan yang sabar dan penemuan mereka akan menemukan suatu kebenaran ,tanpa harus menggunakan pemikiran orang lain, yang mencari suatu kebeneran dengan  logika atau pikiran rasional mereka.
Setelah mereka meneliti tentang isi Vedanta, mereka mengetahui tentang inti sari dari ajaran vadanta yaitu tentang ajaran tat twmasi yang berarti “engkau adalahaku” yang mengajarkan tentang kesetaraan semua mahluk hidup
 dan dan persamaan atman dengan sang pencipta atau Brahman itu sendiri , karena kita tahubahwa semua mahluk hidup berasal dari sumber yang sama,dan tujuan akhir yang sama, yaitu Brahman atau mencapai Moksa .

 

Kesimpulan dari semua pemikiran tentang Vedanta mengatakan bahwa jiwa manusia selalu murni tidak akan pernah mati dan tidak akan terpengaruh dengan semua hal keduniawian ,dan semua kekuatan dan kejayaan atman  ada dalam dirikita sendiri, maka oleh karena itu kita wajib untuk mempercayai bahwa tuhan (Brahman) akan selalu menyertai kita dalam semua hal yang kita lakukan ,ada dalam diri kita dan selalu mengawasi perbuatan kita. Berbeda halnya dengan orang yang menganggap Tuhan itu tidak ada. Tuhan berada diluar mereka, dalam Vedanta mereka disebut orang-orang yang atheisme.
Agama yang universal tidak bi
sa dibangun oleh satu agama yang memasukan pengikut dari agama lain untuk berpindah ke agama mereka. Tetapi semua terbangun karena adanya keberagaman dan kesinambungan dari agama-agama yang berbeda, yang saling melengkapi dan menuntun manusia kejalan yang benar. Semua agama padahal kekatnya sama karena yang menciptakan ajaran yang benar dan mempunyai tujuan yang sama. Agama adalah manusia itu sendiri, dan semua itu berasal dari pemikiran dan pandangan manusia yang berbeda .

 

PANDANGAN TERHADAP TUHAN

 

Dalam pembahasan ini Vedanta mempunyai tema atau cara pandang untuk melihat Tuhan dalam segala, sifat dan hakekatnya, yang bermakna kita sebagai mahluk ciptaannya harus mengakui Tuhan itu ada dalam segala hal, tempat, waktu dan segala-galanya yang manusia alami. Dikatakan juga, ada baiknya memuja Tuhan disebuah altar pemujaan, tetapi kita sudah mengetahui bahwa semua ruang dimensi ini adalah altarNya. Terciptalah sebuah pertanyaan, mengapa kita tidak memujanya di semua tempat?,  dan tercipta juga pemikiran “ataukah Ia adalah kesadaran dalam diri manusia yang paling Agung dibandingkan dengan semua altar?”.
Dalam hal ini prinsip yang melatar belakangi ajaran ini adalah suatu simbolisme , atau bagaiman
a cara kita untuk menyimboliskan keberadaan Brahman, mungkin dengan cara menyebutnya dengan berbagai nama, dari manifestasinya (Nirguna brahman). Semua itu bertujuan agar kita lebih fokus dan hikmat ketika kita merenung memohon kepadanNYA. Selain dengan teknik tersebut kita juga dapat menyimbolkannya dngan gambar-gambar tentang manifestasi Tuhan atau Sang Yang Widhi, karena kita tahu bahwa dengan kita selau ngat kepada Tuhan maka kita akan senantiasa dibimbing dan selalu da jalan dharma. Dalam hal ini Swami vivekananda mempunyai pandangan terhadap Brahman; Tuhan yang impersonal, dan aka membahas tentang manfaat dari konsep Tuhan yang impersonal.

 

Tuhan  itu sebenranya bersifat impersonal  yaitu bersifat universal atau menyeluruh, tidak memihak pada satu hal apapun, hanyalah manusia yang memiliki sifat personal yaitu sifat –sifat yang  menyendiri atau individual. Dalam vedanta mengatakan “tidak ada sesuatupun yang bukan tuhan”, itu bararti bahwa disetiap mahluk hidup dan benda yang ada disetiap alam semesta mempunyai unsur ketuhanan , jadi bagaimanpun kita harus menghormati dan mengasihi semua yang ada di alam semeta ini. Satu-satunya Tuhan yang dapat dipuja didunia ini adalah manusia itu sendiri, jadi secara tidak langsung konsep ini menganut konsep Saguna Brahman yang mengatakan  Tuhan ini dapat diwujudkan, atau dapat disimboliskan menjadi benda berwujud materi dan maka tidak salah jika kita menghormati Orang tua seperti halnya Tuhan yang ada didunia ,karen orang tua kita bisa lahir didunia ,dan vedanta mengatakan jika  “engkau tak bisa memuja Tuhan dalam bentuk maka tidak ada gunanya lagi memuja yang lain”. Selain itu vedanta juga menuturkan bahwa “manusia mempunyai jalannya sendiri, tetapi jalan tersebut bukanlah suatu tujuan manusia” ,tujuan manusia adalah Moksa, yang berarti suatu kelepasan, yaitu lepasnya atman dari semua ikatan keduniawian, dan dari karma wasana yang  mereka punya. Semua kegiatan pemujaan terhadap  Tuhan ,yang mengatakan Tuhan ada dimana-man itu tidaklah salah kerena dalam Vedanta dikatakan “ Ia yang engkau puja sebagai sesuatu yang tidak engkau ketahui , aku puja waktu , Engkau hidup malalui-NYA dan Ia adalah saksi abadi dari jagat raya ini ,Ia yang dipuja oleh semua weda ,Ia yang selalu ada sebagai yang abadi ,Ia ada diseluruh jagat raya  yang ada, IA adalah cahaya dan kehidupan di jagat raya ini, jika “AKU “ tidak ada dalam dirimu , maka engkau tidak akan bisa melihat matahari, semuanyaakan menjadi gelap, jika Ia bersinar maka anda akan melihat dunia[4]. Dalam penuturan tersebut dikatakan betapa besar kemahakuasaan tuhan,, Ia ada dalam seluruh dimensi ,disetiap diri manusia dan semua unsur yang ada di alam semesta, Ia mencakup segalanya. Maka tidaklah salah jika didalam diri manusia tedapat Tuhan, seperti yang dikatakan oleh Svami vivekananda  disetiap diri manusia tedapat Tuhan itu sendiri.

 

Manfaat dari konsep impersonal ini adalah sebagai cara untuk memecahkan pemikiran yang mengatakan Tuhan itu sempit dan terbatas ,karena penyempitan dari arti Tuhan itu dapat memicu fanatisme yang dapat membuat berbagai perang dan semua permusuhan yang sudah terjadi,yang berkedok agama. Dalam konsep Tuhan yang Impersonal memnganggap semua ciptaanya sama tanpa ada perbedaan sedikitpun ,tetapi Tuhan bisa personal dan Impersonal dalam waktu yang bersamaan ,dalam hal ini Tuhan mempunyai dua sifat  tersebut,karena kedua sifat itu karen semua itu  mempunyai kaitan yang sangat erat,dengan adanya konsepsi personal maka akan mempersempit tentang tanggapan manifestasi tuhan yang sangat banyak, dan akan tercipta penspesialisasian manifestasi Tuhan ,yang sangat banyak, sebaliknya jika konsep impersonal maka akan memperluas tentang pandangan terhadap Tuhan yang tadinya masi terkotak-kotak,yang mengakibatkan fanatisme golongan yang mempunyai kepentingan pribadi/golongan Tuhan yang  personal bersifat dualis yang menegakan niai-nilai dengan memberiakn suatu sangsi atau hukuman , tetapi dalam menjalankan etika  tidak ada moralitas yang melandasinya. Kasih universal bisa memancar dari hati ketika kita melihat  seluruh  jagat raya sebagai satu mahluk hidup dan semua orang  adalah  kita sendiri.

 

Jadi kesimpulan mengenai pandangan secara filsafat Vivekananda adalah bahwa beliau menyerap dan mentoleir beragam pandangan di bidang ke agamaan dimulai dari pemikiran maju seperti pemikiran Vedenta, banyak lagi seperti pemikiran Arca, pemikiran Budha, pemikiran Atheis Jaina dan Carwaka. Pandangannya tentang manusia yaitu bahwa manusia harus mempunyai sifat berani seperti Singa, karena dengan begitu manusia dapat menghilangkan rasa takut yang dimana rasa takut tersebut merupakan dosa besar dan mengarah kepada kematian, dan harus pula disadari bahwasannya sifat dasar dari manusia itu sedniri adalah baik, dan tugas manusia selama hidupnya yaitu selalu berusaha untuk menjadi lebih baik. Dalam hubungannya dengan dunia yaitu pemikirannya mengarah pada Ramajuna bahwasanya adalah dalam melihat dunia  ini merupakan ajang memanfaatkan kesempatan untuk melakukan suatu Karma dan juga merupakan suatu peluang untuk mencapi sebuah pembebasan (Moksa). Dalam hubungannya dengan dunia ini bahwasanya ialah dalam melihat sebuah Objek dan Subjek Indra harus didasari dengan hati atas cinta kasih yang mempunyai persepektif yang tidak berbeda dalam melihat objek keduniawian dan objek keTuhanan, untuk mencapai pembebasan tersebut dapat dilakukan dengan jalan Bhakti. Dan untuk objek Tuhan itu sendiri diperluas dan tidak terbatas pemahamannya, dimana semua yang ada didunia ini merupakan manifestasi dari Tuhan, maka atas pemahamannya itu didalam diri manusia terdapat Tuhan yang bersinar untuk melihat jagat raya ini, dan membawanya pada kehidupan yang sebaik-baiknya.

 

 

 

KARYA-KARYA VIVEKANANDA DALAM AGAMA HINDU

                                                                                                       

                Sumbangan Swami Vivekananda pada Agama Hindu ialah, beliau pernah berkata : “Tugas memberikan idea-idea agama Hindu dalam bahasa Inggeris, memberi makna kepada falsafah-falsafah hambar, mitologi yang rumit dan psikologi yang pelik untuk menjadikan suatu agama yang senang, mudah, popular, disamping memenuhi keperluan intelek yang tinggi adalah satu tugas yang hanya boleh difahami oleh mereka yang telah mencobanya. Advaita yang abstrak mesti dihidupkan dan dijadikan menarik dalam kehidupan seharian. Nilai-nilai murni harus dihasilkan dari pada mitologi yang rumit. Psikologi yang saintifik dan praktikal mesti lahir dari pada amalan Yoga yang membingungkan. Semua ini mesti menjadi sesuatu yang kanak-kanak juga boleh memahami. Itu ialah matlamat hidup saya.” [5]
Sumbangan khas Swami Vivekananda Bisa dikerucutkan sebagai berikut:
a.      Memberikan nafas baru dan modern kepada institusi Sannyasa tradisional dengan menubuhkan Ramakrishna Mission dan Ramakrishna Math. 

b.      Membebaskan Vedanta daripada monopoli golongan pendeta Hindu dan mengajarnya sebagai satu agama universal yang boleh diterima dan diamalkan oleh insan sejagat.

Walaupun secara umumnya, Vivekananda mengikuti falsafah Advaita Sankara dalam ajaran Hinduisme dan Vedantanya, beliau juga telah memberikan beberapa sumbangan asli. Ini boleh dirumuskan seperti berikut:

a.      Veda bukan kitab-kitab tertentu sahaja. Seperti mana sains merangkumi semua hukum sains alam fizikal, Veda merangkumi semua hukum abadi alam kerohanian.

b.      Tiga sistem Vedanta iaitu Advaita, Visistadvaita dan Dvaita adalah tidak bercanggah antara satu sama lain. Sistem-sistem ini menunjukkan Kebenaran (atau Tuhan) dari perspektif berlainan.

c.       Memberikan interpretasi yang jelas tentang konsep Maya dalam Vedanta. Menurut Vivekananda, Maya ialah satu kenyataan fakta tentang alam ini dan bukannya satu teori semata-mata.

d.      Semua konsep manusia mengenai Tuhan adalah antropomorfik dan ia tidak boleh dielakkan.

Demikian, Vivekananda menjadikan  Vedanta satu agama yang praktikal dengan menekankan aspek Sadhana (aktiviti-aktiviti kerohanian) seperti sifat tersisih dan kedahagaan untuk Tuhan.

BUKU-BUKU KARYA SWAMI VIVEKANANDA

            Setiap pemahaman dan pemikiran dari Swami Vivekananda, terangkum dalam setiap buku-buku hasil karyanya dan dari para penganutnya. Berikut beberapa buku-buku yang membahas pemahaman dan pemikiran dari Swami Vivekananda :

-          The complete Works of Swami Vivekananda 1907
-          Life and Philosophy of Swami Vivekananda
-          Raja Yoga oleh Swami Vivekananda 1896
-          Karma Yoga oleh Swami Vivekananda 1896
-          Sri Ramakrishna the Great Master of Swami Vivekananda
-          Karma Yoga and Bhakti Yoga oleh Swami Vivekananda
-          Meditation Anda Its Methods 1976
-          Jnana Yoga oleh Swami Vivekananda 1899
-          Vivekananda Reader
-          Sri Ramakrishna As I Saw Him oleh Swami Vivekananda
-          Vedanta Philosophy : An Address Before The Graduate Philosophical Society oleh Swami Vivekananda 1896
-          The East and The West of Swami Vivekananda
-          Bhartaman Bharat 1899
-          My Master of Swami Vivekananda 1901
-          Inspired Talks oleh Swami Vivekananda
-          Letters oleh Swami Vivekananda (Advaita Ashrama)1940
-          Teaching oleh Swami Vivekananda
-          The life of Swami Vivekananda oleh murid-muridnya di timur dan barat


 

 

 

 


REFERENSI :


3.     http://www.writespirit.net/authors/swami-vivekananda/biography-swami-vivekananda/










[1] https://profil.merdeka.com/mancanegara/v/vivekananda/
[2] http://hikayatvivekananda.blogspot.co.id/
[3] http://www.writespirit.net/authors/swami-vivekananda/biography-swami-vivekananda/
[4] http://saramuajo.blogspot.co.id/2013/11/suara-svami-vivekananda.html
[5] http://hikayatvivekananda.blogspot.co.id/

0 komentar :

Posting Komentar

 

Makalah Lengkap © 2015 - All Rights Reserved | Copyright by Makalah kel 11