TUGAS MAKALAH AGAMA HINDU :
“KARYA DAN PEMIKIRANNYA MAHAGURU SWAMI VIVEKANANDA DALAM
AGAMA HINDU”
DOSEN : SITI NADROH, M.Ag
DISUSUN OLEH : FAQIH MAULANA IKHSA (1112032100036)
FAKULTAS USHULUDDIN
JURUSAN PERBANDINGAN AGAMA
UNIVERSITAS ISLAM NEGRI SYARIF HIDYATULLAH JAKARTA
2017
SWAMI
VIVEKANANDA
Vivekananda merupakan sosok yang amat
dikenal dunia sebagai seorang pemimpin spiritual yang memiliki pengaruh besar
dari ajaran Vedanta dan Yoga. Ia adalah Swami Hindu pertama yang datang ke
Barat, untuk mengenalkan Hindu, Yoga dan Vedanta pada World's Parliament of
Religions, sehubungan dengan diadakannya World's Fair di Chicago pada tahun
1893. Pada kesempatan tersebut namanya mulai melambung dan dikenal luas,
diseluruh Chicago, menyusul kemudian di seluruh Amerika. Vivekananda telah
melakukan ceramah, baik di muka umum atau khusus, untuk menyebarkan Vedanta dan
Yoga di Amerika, Inggris dan Eropa. Dia juga mendirikan perkumpulan Vedanta di
Amerika dan Inggris.
Swami Vivekananda
terlahir dengan nama Narendra Nath Datta, pada tanggal 12 Januari 1863 di
Calcutta selama festival Sankranti Makara. Vivekananda berasal dari keluarga
Kayastha tradisional. Ayahnya, Vishwanath Datta (putra tunggal Durga Charan)
adalah seorang pengacara dari Pengadilan Tinggi Calcutta. Vishwanath Datta
dikenal sebagai sosok yang murah hati, dan memiliki pandangan liberal dan
progresif dalam masalah sosial dan keagamaan. Ibunya, Bhuvaneswari Devi adalah
seorang wanita yang sangat religius. Sebelum kelahiran Narendra Nath, Devi
sangat menginginkan anak laki-laki dan meminta salah seorang kerabatnya di
Varanasi untuk membuat persembahan religius kepada dewa Shiwa. Menurut laporan
tradisional, Bhuvaneswari Devi bermimpi di mana Shiwa mengatakan bahwa anak
yang sedang berada dalam kandungannya akan lahir sebagai anak laki-lakinya.
Sejak
usia dini, ia menunjukkan tanda-tanda kasih sayang yang besar dan juga kualitas
dari seorang pemimpin alami. Vivekananda
memiliki kecerdasan yang tajam dan melahap literatur dari Timur dan Barat - ini
termasuk filsafat Barat dan penyair besar Inggris. Vivekananda
sangat menyukai penalaran rasional Barat dan mudah kecewa oleh banyak takhayul
agama dan penurunan budaya yang masyarakat India menemukan dirinya dalam. Dari
latar belakang ini Vivekananda tertarik untuk bergabung dengan Brahmo Samaj. Brahmo
Samaj adalah gerakan Hindu yang modern yang berusaha untuk merevitalisasi
kehidupan India dan spiritualitas melalui pendekatan rasionalistik dan
ditinggalkan ibadah gambar.
Brahmo Samaj ialah
sebuah persatuan yang ditubuhkan pada tahun 1828. Matlamat penubuhannya
adalah untuk membawa pembaharuan dan revolusi dalam agama dan masyarakat
Hindu di Kolkata. Salah satu sumbangan Brahmo Samaj adalah pengharaman upacara
Sati yang kejam. Selain itu, Brahmo Samaj juga berjuang untuk menghapuskan
sistem kasta dan menentang perkahwinan kanak-kanak.
Tertarik dengan idea-idea progresif Brahmo Samaj, ramai pemuda yang
berpendidikan menyertainya. Pengikut-pengikut Brahmo Samaj mempercayai kepada
Tuhan Yang Tak Berupa atau Brahman. Mereka mengutuk penyembahan berhala dan
amalan kuno lain. Sesiapa yang menyertai pertubuhan itu dikehendaki untuk
mengambil ikrar bahawa mereka tidak akan menyembah berhala, mengamalkan
pemakanan vegetarian, dan tidak akan bercakap bohong. Narendra dan
kawan-kawannya turut menyertai dan menandatangani ikrar Brahmo Samaj.
Pendidikan falsafah barat dan pengaruh Brahmo Samaj, mencetuskan
persoalan utama yang membara dalam diri Narendra selama beberapa tahun. “Adakah
Tuhan wujud? Bolehkah manusia melihat Tuhan? Jika Tuhan boleh dilihat dengan
mata kasar, adakah sesiapa yang pernah melihat-Nya?” Selama beberapa bulan,
Narendra menemui ramai orang alim dan pendeta yang terkenal di Kolkata dan
menujukan persoalan ini. Malangnya, tiada sesiapa pun yang dapat memberikan
jawapan yang dapat memuaskannya.
Namun
rasionalitas Brahmo Samaj tidak bisa memuaskan rasa lapar spiritual laten
Vivekananda. Sejak
usia dini ia mulai memiliki pengalaman spiritual dan, pada usia 18, ia
merasakan keinginan yang besar untuk 'Lihat Tuhan'. Dengan
keterusterangan yang khas Vivekananda ia bertanya orang di sekitar apakah
mereka telah melihat Allah. Semua
ditegaskan dalam negatif. Ini
termasuk besar Devendranath Tagore (ayah dari Rabindranath Tagore )
Namun Devendranath mengatakan Vivekananda bahwa ia melihat dalam dirinya mata
seorang yogi dan pasti dia akan menyadari Tuhan dalam hidup ini. Meskipun
tidak ada yang bisa memuaskan pertanyaannya, ia datang untuk mendengar dari
nama Ramakrishna Paramhansa yang
terkenal sebagai kepribadian spiritual yang besar dan seseorang yang telah
menyadari Tuhan.
SRI RAMAKRISHNA – NARENDRA (VIVEKANANDA)
Bulan November
1881. Narendra berumur lapan belas tahun. Surendra, seorang jiran dan
sahabat Narendra telah mengatur satu majlis di rumahnya. Narendra dijemput
untuk menyanyikan beberapa buah lagu suci dalam majlis itu. Tetamu khas pada
hari itu adalah seorang alim bernama Sri Ramakrishna. Selepas mendengar
nyanyian Narendra yang menyentuh jiwa, Sri Ramakrishna telah menyoal Surendra mengenainya.
Beliau juga telah meminta Surendra untuk membawa Narendra ke Dakshineshwar.
Sri Ramakrishna tinggal di taman kuil Bhavatarini di Dakshineshwar,
berdekatan Kolkata. Beliau berasal dari Kamarpukur, sebuah kampung kecil di
Bengal Barat, lebih kurang 107 km dari Kolkata. Walaupun tidak berpendidikan
dan beliau bercakap dalam bahasa pasar, kehidupan beliau yang suci dan alim
menarik ramai pendeta, cendikiawan dan pemuda-pemuda berpendidikan Barat kepada
beliau. Malah boleh dikatakan bahawa tidak ada sebarang perkara lain di dalam
hati dan pemikiran Sri Ramakrishna kecuali Tuhan Yang Maha Esa. Sebulan
kemudian, Surendra menjemput Narendra untuk menemaninya ke kuil Dakshineswar.
Narendra bersetuju. Dengan menaiki kereta pedati, Narendra bersama Surendra dan
beberapa orang kawan lain tiba di kuil itu.
Kuil taman Bhavatarini di Dakshineswar terletak
di sisir sungai Ganges. Kuil ini telah dibina pada tahun 1855. Pada hari ini ia
adalah satu tempat ibadat yang paling popular di Kolkata. Kuil ini mempunyai
dua belas kuil kecil untuk Dewa Shiva, enam di kiri dan enam di kanan tangga
yang menuju ke sungai. Kuil-kuil Shiva ini dibina mengikut gaya pondok berdom
di kampung-kampung Bengal. Di depan kuil-kuil Shiva adalah sebuah halaman yang
luas. Sebuah dewan muzik terletak di bahagian selatan kuil dan di bahagian
utara terdapat kuil Radhakanta. Kuil Bhavatarini terletak di antara kuil
Radhakanta dan dewan muzik. Kawasan sekitarnya dikelilingi kebun dan taman
bunga, dan sebuah hutan kecil. Sri Ramakrishna tinggal di sebuah kamar di
bahagian barat-laut halaman kuil, menghadap sungai Ganges.
Pertemuan Narendra
dengan Ramakrishna, menjadi titik balik dalam hidupnya. Pada awalnya Narendra
tidak bisa menerima pandangan dan apa yang diajarkan Ramakrishna, namun ia juga
tidak bisa mengabaikan hal tersebut. Secara alami Narendra selalu menguji
sesuatu secara menyeluruh sebelum ia mau menerimanya. Meskipun pada awalnya
Narendra belum menerima Ramakrishna sebagai gurunya dan memberontak terhadap
ide-idenya, dia selalu tertarik oleh kepribadian Ramakrishna dan sering
mengunjunginya.
Pendidikan moden Inggeris telah memberinya pemikiran yang kritikal dan
dia tidak menerima sesuatu tanpa bukti. Narendra menerima Sri Ramakrishna
sebagai gurunya hanya selepas menguji beliau sepenuhnya. Sri Ramakrishna
sendiri sering menguji Narendra untuk memastikan bahawa dia ialah instrumen
yang sesuai untuk menjalankan tugas yang beliau akan serahkan kepadanya. Cara
pengajaran Sri Ramakrishna adalah amat unik. Beliau mengajar mengikut selera,
kecenderungan, dan kemampuan pengikut-pengikutnya. Beliau juga mengajar ilmu
rohani dengan menggunakan pelbagai cerita, kiasan, lagu-lagu suci dan
ilustrasi-ilustrasi ringkas dan mudah difahami.
Asas
ajaran Sri Ramakrishna ialah: “Matlamat hidup manusia adalah untuk
menyedari dan mengenali Tuhan.” Beliau mengajar
pengikut-pengikutnya untuk berdoa begini:
“Wahai
Tuhan, berikan rahmat-Mu dan dedahkan sifat sebenar-Mu, yakni penjelmaan
Kebenaran!”
Selama lima tahun
di bawah pelatihan Ramakrishna, Narendra berubah dari pemuda yang penuh
kegelisahan, kebingungan dan tidak sabar menjadi seorang pria dewasa yang sudah
siap untuk meninggalkan semuanya demi Allah. Bersamaan dengan hal itu, Narendra
menerima Ramakrishna sebagai gurunya. Narendra menerima Ramakrishna sepenuh
hati dan dengan lengkap menyerah sebagai murid. Pada bulan Januari 1887,
Narendra dan delapan murid lainnya mengambil sumpah resmi monastik. Narendra
mengambil nama Swami Bibidishananda. Kemudian ia dianugrahi nama Vivekananda
oleh Ajit Singh, Maharaja (raja) dari Khetri.
Setelah
lulus dari Ramakrishna, murid-murid lainnya melihat Vivekananda ada jiwa
kepemimpinan dan dia membantu membentuk ordo monastik pertama Ramakrishna. Di
bawah bimbingan konstan ia mendesak murid-saudaranya sesama untuk meninggalkan
dunia dan mencari persekutuan dengan Allah. Namun, untuk Vivekananda,
pembebasan pribadi tidak cukup. Hatinya
terasa sakit untuk massa tertindas dari India yang menderita kemiskinan dan
banyak kesulitan. Vivekananda
merasa bahwa yang ideal tertinggi adalah untuk melayani Tuhan melalui melayani
umat manusia. Jadi
Vivekananda nantinya menambah pekerjaan sosial sebagai elemen penting dari
tatanan Ramakrishna.
“Apakah
Anda pikir sannyasi ini anak-anak Sri Ramakrishna dilahirkan untuk hanya duduk
di bawah pohon menyalakan Dhuni-api? Setiap
kali salah satu dari mereka akan mengambil beberapa pekerjaan, orang akan heran
melihat energi mereka. Belajar dari mereka bagaimana bekerja. ”
- Swami Vivekananda
Jadi
setelah menghabiskan beberapa tahun dalam meditasi Vivekananda mulai bepergian
di seluruh India, mengunjungi banyak tempat-tempat suci. Setelah perjalanan melalui India dan datang ke dalam kontak
dengan banyak tokoh-tokoh berpengaruh, ia menyarankan bahwa Vivekananda akan
membuat calon yang ideal untuk mewakili agama Hindu di Parlemen Dunia
Agama-agama yang lama akan diselenggarakan di Chicago, USA. Sebelum
meninggalkan Vivekananda pergi untuk menerima berkat-berkat Sarada
Devi ,
istri Sri Ramakrishna. Setelah
menerima dorongan dan berkat padanya bahwa dia melakukan perjalanan penting ke
Amerika, berpakaian jubah oker dan mempertahankan sumpah sanyasinya.
PEMIKIRANNYA
DALAM AGAMA HINDU
Pandangan ( Darsana) dari Swami Vivekananda adalah seseorang yang
sangat berpengaruh dalam perkembangan agama hindu karena dengan
pandangan-pandangan Beliau mengenai hakekat Brahman, pandangan tentang semua ciptaan dan bagaimana kita mencapai kesempurnaan atau
pelepasan dari belenggu maya, sangatlah penting untuk kita mempelajari hasil pikiran
Beliau. Dalam ajaran Darsana ini terdapat banyak pandangan yang
berbeda-beda seperti Nyaya adalah ajaran filsafat yang sangat menjunjung
tinggi otoritas Veda, Vaisesika adalah ajaran filsafat yang bersifat realisme
pluralistik yang berarti bahwa keanekaragaman merupakan jiwa alam semesta dan
hakekat alam semesta ini, Purwa mimamsa yang mendasarkan semua ajaranya
berdasarkan semua ajaran-ajaran yang terdapat dalam Veda, dan masih banyak Darsana yang lain,begitu juga dengan pandangan Svami
Vivekananda ini, Beliau mendasarkan pandangannya kepada Vedanta (veda =
pengetahuan suci, anta = akhir,simpulan) . Dan inti sari Vedanta adalah
penegasan dari kemuliaan dari manusia. Oleh sebab itu kita sangat perlu untuk
mempelajari ajaran yang dikemukakan oleh Swami Vivekananda ini. Di dalam pembahasan beliau, beliau menekankan tentang ajaran ketuhanan, tentang hakekat atman(jiwa), pembahasan mengenai maya, dan pelepasan (moksa). Dalam memperoleh pandangannya ini, diperoleh melalui pendidikan
yang Beliau alami dan renungan yang mendalam tentang arti kehidupan ini dan
beeliau berusaha untuk menciptaka ajaran yang mudah untuk dicerna untuk
khalayak umum. Hampir semua ajaran beliau dapat diterima oleh masyarakat , terbukti dengan semua perjalanan Beliau ke negara barat,dan semua
penghargaan yang Beliau peroleh.
Hakekat Agama Universal Menurut veda suatu
agama dikatakan baik apabila agama dalam agama tersebut menyangkut segala aspek kehidupan, mulai dari ajaran tentang pikiran , dan ajaran yang mengatur tingkah laku manusia sesuai dharma. Untuk membuktikan apakah ajaran wedanta tersebut layak digunakan atau tidak maka semua ajaran tersebut dikuasai oleh raja-raja yang langsung diamalkan melalui pemerintahan suatu negara, karena jika wedanta tersebut diberikan kepada pendeta & pertapa maka ajaran tersebut akan terhenti,karena kita tahu mereka yang sudah menempuh jalan sanyasin atau sudah mulai menjauhi dari segala ikatan keduniawian, maka mereka akan mengasingkan diri bahkan bertapa berhari-hari, bertahun-tahun kepuncak gunung, atauhutan , untuk menemukan hakekat kehidupan. Maka secara tidak langsung semua ajaran yang mereka pelajari akan dibawanya kemanapun dia pergi,
dan hanya mereka yang tahu akan ajaran
tersebut. Tetapi dalam perkembangannya manusia berfikir tentang bagaimana mempraktekan Vedanta dengan praktis,dan kemudian merambah kehal yang bersifat filsafat.
Kebenaran menurut mareka bukanlah suatu teori–teori yang rumit, tetapi mereka berpandapat bahwa semua ajaran tersebut dapat dipelajari melalui semua aspek yang ada di alam , dengan jalan penyelidikan yang sabar dan penemuan mereka akan menemukan suatu kebenaran ,tanpa harus menggunakan pemikiran orang lain, yang mencari suatu kebeneran dengan logika atau pikiran rasional mereka.
Setelah mereka meneliti tentang isi Vedanta,
mereka mengetahui tentang inti sari dari ajaran vadanta yaitu tentang ajaran tat twmasi yang berarti “engkau adalahaku” yang mengajarkan tentang kesetaraan semua mahluk hidup dan dan persamaan atman dengan
sang pencipta atau Brahman itu sendiri , karena kita tahubahwa semua mahluk hidup berasal dari sumber
yang sama,dan tujuan akhir yang sama, yaitu Brahman atau mencapai Moksa .
Kesimpulan dari semua pemikiran tentang Vedanta mengatakan bahwa jiwa manusia selalu murni tidak akan pernah mati dan tidak akan terpengaruh dengan semua hal
keduniawian ,dan semua kekuatan dan kejayaan atman ada dalam dirikita sendiri, maka oleh karena itu kita wajib untuk mempercayai bahwa tuhan (Brahman) akan selalu menyertai kita dalam semua hal yang kita
lakukan ,ada dalam diri kita dan selalu mengawasi perbuatan kita.
Berbeda halnya dengan orang yang menganggap Tuhan itu tidak ada. Tuhan berada diluar mereka, dalam Vedanta mereka disebut orang-orang yang
atheisme.
Agama yang universal tidak bisa dibangun oleh satu agama yang memasukan pengikut dari agama lain untuk berpindah ke agama mereka. Tetapi semua terbangun karena adanya keberagaman dan kesinambungan dari agama-agama yang berbeda, yang
saling melengkapi dan menuntun manusia kejalan yang benar. Semua agama padahal kekatnya sama karena
yang menciptakan ajaran yang benar dan mempunyai
tujuan yang sama. Agama adalah manusia itu sendiri,
dan semua itu berasal dari pemikiran dan pandangan manusia yang berbeda .
PANDANGAN TERHADAP TUHAN
Dalam pembahasan ini Vedanta mempunyai tema atau cara pandang untuk melihat Tuhan dalam segala, sifat dan hakekatnya,
yang bermakna kita sebagai mahluk ciptaannya harus mengakui Tuhan itu ada dalam segala hal, tempat, waktu dan segala-galanya yang manusia alami. Dikatakan juga, ada baiknya memuja Tuhan disebuah altar pemujaan, tetapi kita sudah mengetahui bahwa semua ruang dimensi ini adalah altarNya. Terciptalah sebuah pertanyaan, mengapa kita tidak
memujanya di semua tempat?, dan tercipta juga pemikiran “ataukah Ia adalah kesadaran dalam diri manusia
yang paling Agung dibandingkan dengan semua altar?”.
Dalam hal ini prinsip
yang melatar belakangi ajaran ini adalah suatu simbolisme , atau bagaimana cara kita untuk menyimboliskan keberadaan Brahman, mungkin dengan cara menyebutnya dengan berbagai nama, dari manifestasinya (Nirguna brahman). Semua itu bertujuan agar kita lebih fokus dan hikmat
ketika kita merenung memohon kepadanNYA. Selain dengan teknik tersebut kita
juga dapat menyimbolkannya dngan gambar-gambar tentang manifestasi Tuhan atau
Sang Yang Widhi, karena kita tahu bahwa dengan kita selau ngat kepada Tuhan maka kita akan
senantiasa dibimbing dan selalu da jalan dharma. Dalam hal ini Swami vivekananda mempunyai pandangan terhadap Brahman; Tuhan yang impersonal, dan aka
membahas tentang manfaat dari konsep Tuhan yang impersonal.
Tuhan itu sebenranya bersifat impersonal
yaitu bersifat universal atau menyeluruh, tidak memihak pada satu hal apapun, hanyalah manusia yang memiliki sifat
personal yaitu sifat –sifat yang menyendiri atau individual. Dalam
vedanta mengatakan “tidak ada sesuatupun yang bukan tuhan”, itu bararti
bahwa disetiap mahluk hidup dan benda yang ada disetiap alam semesta mempunyai
unsur ketuhanan , jadi bagaimanpun kita harus menghormati dan mengasihi semua
yang ada di alam semeta ini. Satu-satunya Tuhan yang dapat dipuja didunia ini
adalah manusia itu sendiri, jadi secara tidak langsung konsep ini menganut
konsep Saguna Brahman yang mengatakan Tuhan ini dapat diwujudkan, atau dapat disimboliskan menjadi benda berwujud materi dan maka tidak salah jika kita menghormati Orang tua seperti halnya Tuhan
yang ada didunia ,karen orang tua kita bisa lahir didunia ,dan vedanta
mengatakan jika “engkau
tak bisa memuja Tuhan dalam bentuk maka tidak ada gunanya lagi memuja yang lain”.
Selain itu vedanta juga menuturkan bahwa “manusia mempunyai jalannya
sendiri, tetapi jalan tersebut bukanlah suatu tujuan manusia” ,tujuan
manusia adalah Moksa, yang
berarti suatu kelepasan,
yaitu lepasnya atman dari semua ikatan keduniawian, dan dari karma wasana yang mereka punya. Semua kegiatan pemujaan terhadap Tuhan ,yang mengatakan Tuhan ada
dimana-man itu tidaklah salah kerena dalam Vedanta dikatakan “ Ia yang engkau puja sebagai sesuatu yang
tidak engkau ketahui , aku puja waktu , Engkau hidup malalui-NYA dan Ia adalah saksi
abadi dari jagat raya ini ,Ia yang dipuja oleh semua weda ,Ia yang selalu ada
sebagai yang abadi ,Ia ada diseluruh jagat raya yang ada, IA adalah
cahaya dan kehidupan di jagat raya ini, jika “AKU “ tidak ada dalam dirimu ,
maka engkau tidak akan bisa melihat matahari, semuanyaakan menjadi
gelap, jika Ia bersinar maka anda akan melihat dunia”. Dalam penuturan tersebut dikatakan betapa besar kemahakuasaan tuhan,,
Ia ada dalam seluruh dimensi ,disetiap diri manusia dan semua unsur yang ada di
alam semesta, Ia mencakup segalanya. Maka tidaklah salah jika didalam diri
manusia tedapat Tuhan, seperti yang dikatakan oleh Svami vivekananda
disetiap diri manusia tedapat Tuhan itu sendiri.
Manfaat dari konsep impersonal
ini adalah sebagai cara untuk memecahkan pemikiran yang mengatakan Tuhan
itu sempit dan terbatas ,karena penyempitan dari arti Tuhan itu dapat memicu
fanatisme yang dapat membuat berbagai perang dan semua permusuhan yang sudah
terjadi,yang berkedok agama. Dalam konsep Tuhan yang Impersonal memnganggap
semua ciptaanya sama tanpa ada perbedaan sedikitpun ,tetapi Tuhan bisa personal dan Impersonal
dalam waktu yang bersamaan ,dalam hal ini Tuhan mempunyai dua sifat
tersebut,karena kedua sifat itu karen semua itu mempunyai kaitan yang
sangat erat,dengan adanya konsepsi personal maka akan mempersempit tentang
tanggapan manifestasi tuhan yang sangat banyak, dan akan tercipta
penspesialisasian manifestasi Tuhan ,yang sangat banyak, sebaliknya jika konsep
impersonal maka akan memperluas tentang pandangan terhadap Tuhan yang tadinya masi terkotak-kotak,yang mengakibatkan
fanatisme golongan yang mempunyai kepentingan pribadi/golongan Tuhan yang personal bersifat dualis yang menegakan niai-nilai
dengan memberiakn suatu sangsi atau hukuman , tetapi dalam menjalankan
etika tidak ada moralitas yang melandasinya. Kasih universal bisa memancar dari hati ketika kita melihat seluruh
jagat raya sebagai satu mahluk hidup dan semua orang adalah kita
sendiri.
Jadi
kesimpulan mengenai pandangan secara filsafat Vivekananda adalah bahwa beliau
menyerap dan mentoleir beragam pandangan di bidang ke agamaan dimulai dari
pemikiran maju seperti pemikiran Vedenta, banyak lagi seperti pemikiran Arca,
pemikiran Budha, pemikiran Atheis Jaina dan Carwaka. Pandangannya tentang
manusia yaitu bahwa manusia harus mempunyai sifat berani seperti Singa, karena
dengan begitu manusia dapat menghilangkan rasa takut yang dimana rasa takut
tersebut merupakan dosa besar dan mengarah kepada kematian, dan harus pula
disadari bahwasannya sifat dasar dari manusia itu sedniri adalah baik, dan
tugas manusia selama hidupnya yaitu selalu berusaha untuk menjadi lebih baik.
Dalam hubungannya dengan dunia yaitu pemikirannya mengarah pada Ramajuna
bahwasanya adalah dalam melihat dunia
ini merupakan ajang memanfaatkan kesempatan untuk melakukan suatu Karma
dan juga merupakan suatu peluang untuk mencapi sebuah pembebasan (Moksa). Dalam
hubungannya dengan dunia ini bahwasanya ialah dalam melihat sebuah Objek dan
Subjek Indra harus didasari dengan hati atas cinta kasih yang mempunyai
persepektif yang tidak berbeda dalam melihat objek keduniawian dan objek
keTuhanan, untuk mencapai pembebasan tersebut dapat dilakukan dengan jalan
Bhakti. Dan untuk objek Tuhan itu sendiri diperluas dan tidak terbatas
pemahamannya, dimana semua yang ada didunia ini merupakan manifestasi dari
Tuhan, maka atas pemahamannya itu didalam diri manusia terdapat Tuhan yang
bersinar untuk melihat jagat raya ini, dan membawanya pada kehidupan yang
sebaik-baiknya.
KARYA-KARYA VIVEKANANDA DALAM AGAMA HINDU
Sumbangan
Swami Vivekananda pada Agama Hindu ialah, beliau pernah berkata : “Tugas memberikan
idea-idea agama Hindu dalam bahasa Inggeris, memberi makna kepada
falsafah-falsafah hambar, mitologi yang rumit dan psikologi yang pelik untuk
menjadikan suatu agama yang senang, mudah, popular, disamping memenuhi
keperluan intelek yang tinggi adalah satu tugas yang hanya boleh difahami oleh
mereka yang telah mencobanya. Advaita yang abstrak mesti dihidupkan dan
dijadikan menarik dalam kehidupan seharian. Nilai-nilai murni harus dihasilkan
dari pada mitologi yang rumit. Psikologi yang saintifik dan praktikal mesti
lahir dari pada amalan Yoga yang membingungkan. Semua ini mesti menjadi sesuatu
yang kanak-kanak juga boleh memahami. Itu ialah matlamat hidup saya.”
Sumbangan khas
Swami Vivekananda Bisa dikerucutkan sebagai berikut:
a. Memberikan nafas baru dan modern
kepada institusi Sannyasa tradisional dengan menubuhkan Ramakrishna Mission dan
Ramakrishna Math.
b. Membebaskan Vedanta daripada monopoli
golongan pendeta Hindu dan mengajarnya sebagai satu agama universal yang boleh
diterima dan diamalkan oleh insan sejagat.
Walaupun secara umumnya, Vivekananda mengikuti falsafah Advaita
Sankara dalam ajaran Hinduisme dan Vedantanya, beliau juga telah
memberikan beberapa sumbangan asli. Ini boleh dirumuskan seperti berikut:
a. Veda bukan kitab-kitab tertentu
sahaja. Seperti mana sains merangkumi semua hukum sains alam fizikal, Veda
merangkumi semua hukum abadi alam kerohanian.
b. Tiga sistem Vedanta iaitu Advaita,
Visistadvaita dan Dvaita adalah tidak bercanggah antara satu sama lain.
Sistem-sistem ini menunjukkan Kebenaran (atau Tuhan) dari perspektif berlainan.
c. Memberikan interpretasi yang jelas
tentang konsep Maya dalam Vedanta. Menurut Vivekananda, Maya ialah satu
kenyataan fakta tentang alam ini dan bukannya satu teori semata-mata.
d. Semua konsep manusia mengenai Tuhan
adalah antropomorfik dan ia tidak boleh dielakkan.
Demikian, Vivekananda menjadikan Vedanta satu agama
yang praktikal dengan menekankan aspek Sadhana (aktiviti-aktiviti kerohanian)
seperti sifat tersisih dan kedahagaan untuk Tuhan.
BUKU-BUKU KARYA SWAMI VIVEKANANDA
Setiap pemahaman dan pemikiran dari
Swami Vivekananda, terangkum dalam setiap buku-buku hasil karyanya dan dari
para penganutnya. Berikut beberapa buku-buku yang membahas pemahaman dan
pemikiran dari Swami Vivekananda :
-
The complete
Works of Swami Vivekananda 1907
-
Life and Philosophy of Swami
Vivekananda
-
Raja Yoga oleh Swami Vivekananda 1896
-
Karma Yoga oleh Swami Vivekananda
1896
-
Sri Ramakrishna the Great Master of
Swami Vivekananda
-
Karma Yoga and
Bhakti Yoga oleh Swami
Vivekananda
-
Meditation Anda
Its Methods 1976
-
Jnana Yoga oleh
Swami Vivekananda 1899
-
Vivekananda
Reader
-
Sri Ramakrishna
As I Saw Him oleh Swami Vivekananda
-
Vedanta
Philosophy : An Address Before The Graduate Philosophical Society oleh Swami
Vivekananda 1896
-
The East and
The West of Swami Vivekananda
-
Bhartaman
Bharat 1899
-
My Master of
Swami Vivekananda 1901
-
Inspired Talks
oleh Swami Vivekananda
-
Letters oleh
Swami Vivekananda (Advaita Ashrama)1940
-
Teaching oleh
Swami Vivekananda
-
The life of
Swami Vivekananda oleh murid-muridnya di timur dan barat
REFERENSI :
0 komentar :
Posting Komentar